cara membedakan port usb 3.0 dan usb 2.0

Tekhnologi adalah sarana untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan suatu pekerjaan, jadi jelas hidup manusia sekarang tergantung pada teknologi, apalagi teknologi yang di kembangkan dapat membuat pekerjaan begitu mudah dan ringan, sehingga tidak menutup kemungkinan kecepatan dan kualitas suatu teknologi menjadi pertimbangan untuk kita menggunakan tekhnolgi tersebut.kaarena teknologi manusia tidak lagi menyimpan berkas/data secara manual melainkan disimpan secara digital ber ekstensi file tertentu di dalam sebuah storage komputer/media penyimpanan digital, seperti harddisk dan flashdisk.


nah dalam artikel saya kali ini yang masih berhubungan dengan teknologi ingin menjelaskan sedikit perbedaan antara usb 3.0 dan usb 2.0, kenapa usb 3.0 dan usb 2.0??

Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsole permainan, ponsel dan PDA.
berikut beberapa perbedaan usb 3.0 dan usb 2.0 :

1.Secara umum, USB 3.0 memiliki kecepatan lebih tinggi sekitar 3.2Gbps (400MB/s) dan secara teori dapat mencapai 4.8Gpbs. kecepatan ini 6 sampai 10 kali lebih cepat dari pada USB 2.0. karena USB 3.0 sudah mengadopsi teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis bersamaan (simultan).

2. port usb yang berbeda jika kita lihat di dalam komputer yang telah mengusung teknologi terbaru biasanya di dalam port usb terdapat bantalan berwarna biru dan warna hitam, warna biru di khususkan untuk usb 3.0 dan yang hitam untuk usb 2.0, karena warna biru mempunyai 9 line transfer yang membuat transfer data pada usb 3.0 akan lebih cepat sedangkan pada usb 2.0 hanya memiliki 4 line transfer.

3.sistem operasi pendukung, pada usb 3.0 tidak mendukung pada sistem operasi windows xp atau di bawahnya, sehingga ini menjadi sesuatu  kekurangan pada usb 3.0 akan tetapi penggunaan windows xp sekarang sudah sangat sedikit.

mungkin itu saja yang dapat saya bagikan hari ini jika ada kekurangan di dalam artikel ini silahkan tambahkan di kolom komentar !!

Komentar