Vulkan adalah

whats is vulkan? mungkin kalian bertanya-tanya apa kegunaan vulkan. jadi, vulkan adalah sebuah software API (aplication programing interface/ antarmuka programing aplikasi) dimana software ini berjalan untuk menjembatani antara aplikasi dan hardware.


-SEJARAH VULKAN
   saat pertama kali di umumkan pada tahun 2015  game develovers conference (GDC) oleh khronos group, saat  itu nama vulkan adalah THE API VULKAN karena waktu itu vulkan di anggap sebagai generasi OpenGL (open graphic protocol) oleh khronos group. akan tetapi setelah melakukan beberapa tahap khoronos menghentikan menggunakan nama itu karena vulkan sendiri di bangun atas dasar komponen amd. sebelum adanya vulkan amd sudah mengembang Mantle Api dan menyumbangkannya ke khronos group untuk mengembangkan  Mantle API,.
khronos group adalah perusahaan yang mampu mengembangkan API untuk bisa di standarisasi di seluruh industri, seperti openGL.

-CARA KERJA
sama seperti OpenGL vulkan berfungsi untuk mengolah grafis 3D dan visualisasi  grafis yang tinggi di dalam sebuah aplikasi seperti video-video game yang berat. tidak hanya itu vulkan juga menawarkan kinerja yang lebih tinggi dengan penggunaan CPU/GPU yang seimbang.

-PLATFORM
 vulkan dapat berjalan di semua flatform pada smartphone kamu.

-catatan : sebelum kamu membeli samartphone pastikan samrphone tersebut sudah mendukung VULKAN API.

kesimpulan yang bisa di ambil adalah vulkan teknologi terbaru di dalam smartphone  berfungsi dalam mengolah grafis tinggi seperti 3D dll.


okee boss, pamit duluu yaa.. thanks

Komentar